Tugas ppm 2

Menurut Mezirow ( 1963 ), ada 3 macam Bentuk Program dalam Usaha Pengembangan Masyarakat, yaitu :

1. Program Integratif
Pengembangan Masyarakat melalui koordinasi dinas – dinas teknis terkait atau yang lebih dikenal dengan Kerjasama Lintas Sektoral
Contoh :  
  • Dalam rangka terus memberikan pengabdian terbaik bagi negara, JKL Purwokerto selalu terbuka  untuk bekerjasama dengan  bergagai fihak dalam  berbagai sektor. Prinsip yang dianut olah JKL Purwokerto adalah kerjasama saling menguntungkan (Mutualisma). 
2. Program Adaptif
Pengembangan Masyarakat hanya ditugaskan kepada salah satu Instansi/Departemen yang bersangkutan saja yang secara khusus melaksanakan kegiatan tersebut atau yang dikenal dengan Kerjasama Lintas Program.
Contoh :

  • Keterbatasan sumber daya yang ada dipuskesmas, dan kompleksitas permasalahan kesehatan masyarakat di wilayah kerja puskesmas mengindikasikan perlunya kerjasama lintas program. Pelaksanaan program kesehatan ibu dan anak tidak dapat dilakukan hanya oleh bidan saja, tetapi membutuhkan dukungan dari petugas kesehatan yang lain, misalnya petugas penyuluh kesehatan, petugas imunisasi, petugas gizi, dan petugas kesehatan lain yang terkait. Demikian juga untuk melaksanakan program gizi, perlu didukung bidan, petugas penyuluh kesehatan, maupun perawat melalui kegiatan perawatan kesehatan masyarakat. Koordinasi dapat terlaksana jika terjadi komunikasi baik dalam mengkoordinasikan kegiatan, maupun dalam mengkoordinasikan orang-orang yang terlibat dalam menyelesaikan pekerjaan.
3. Program Proyek
Pengembangan Masyarakat dalam bentuk usaha – usaha terbatas di wilayah tertentu dan program disesuaikan dg kebutuhan wilayah tsb.
Contoh :
 

Sumber : http://adityasetyawan.files.wordpress.com/2008/10/pengembangan-pengorganisasian-masyarakat.pdf

3 komentar:

Puspita Resky Amaliyah mengatakan...

ehemppp...... dapat tgs ppm nii, cihuiiiiiyy copi ka na..haha

salam logger, folbacnya ditunggu, klik www.chupitaz.blogspot.com

Unknown mengatakan...

hahhahahhaaa.... iyaa copy mii... b'bagi ilmu itu-kan bagus... hahhaha...

Unknown mengatakan...

Sampai 20121 masih di cari kok ilmunya uhuuui..